Ad Code

Responsive Advertisement

Tutorial Routing Game ke VPN agar Latency Game Jadi Lebih Stabil

Tujuan menggunakan VPN pada game adalah untuk memperpendek hop atau mempersingkat rute client menuju server dimana game di tempatkan. Sehingga nantinya ping atau latency menjadi lebih rendah. Namun hal ini tidak serta merta menjamin ping game anda menjadi lebih baik, ada faktor lain diluar itu termasuk kecocokan ISP dengan VPN yang anda gunakan, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Ya, ikhtiar itu penting. Gunakanlah VPN jika memang ping game anda suka loncat2 dan kurang stabil, tapi jika sudah bagus ya tidak perlu lagi, saya sendiri tidak menggunakan VPN karena sudah bagus dari sononya. 😁

Baik langsung aja ke tutorialnya:

1. Siapkan akun vpn khusus game, beli dimana? bisa beli di banyak penyedia vpn, di grup2 banyak tuh, nanti kalo saya taro disini dikira endorse lagi..😂 cari vpn yang khusus game jgn yang digabung dengan all trafik supaya lebih stabil.

2. Pasang VPN nya ke mikrotik

Pergi ke PPP tambahkan client baru



Bisa pilih l2tp/ovpn sesuaikan dengan yang disediakan oleh penyedia VPN. 

3. Beri nama VPNGAME atau terserah kalian, lalu isikan host user dan pass nya, untuk default route jangan dicentang. Lalu Klik Apply.


4. Jika Sudah connected, pergi ke IP Routes, kita akan belokkan trafik game melewati VPN. Sebelumnya jangan lupa interface vpnnya di Masquerade terlebih dahulu di IP->Firewall->NAT. 


5. Actionnya pilih masquerade, Apply OK.


Atau jika kalian menggunakan interface list, bisa tambahkan interface VPNGAME-nya kedalam WAN list. 



7. Lanjut ke IP->Routes . Tambahkan route baru, dibagian gateway isikan nama interface VPN, dan di bagian routing mark isikan Routing-Game yang telah dibuat sebelumnya di Mangle. 


Hasilnya akan seperti ini:


Dengan begitu trafik game akan dibelokkan melewati VPN.

Selamat mencoba, jika masih bingung boleh ditanyakan di kolom komentar dibawah.

Thanks!

Close Menu