Ad Code

Responsive Advertisement

Solusi User Mac Acak Mikrotik

Kita sebagai administrator jaringan akhir-akhir ini di pusingkan dengan fitur baru android 10+ dengan adanya settingan default android menggunakan "Mac Acak". Penggunaan mac acak dalam android akan membuat administrator jaringan kesulitan dalam menejemen user tersebut dikarenakan mac addres perangkat tersebut selalu berubah-ubah, dan untuk sisi user sendiri akan kesulitan login jika tanpa tidak disengaja bepindah AP dan user tersebut masih berstatus login di jaringan kita dengan menggunkan mac yang berbeda dengan mac yang sekarang terhubung di jaringan.

Ada beberapa metode untuk kita sebagai administrator jaringan untuk mengatasi hal tersebut. Dan kali ini kami akan memberikan 2 metode untuk mengatasi user yang menggunakan device mac acak

1. Merubah pengaturan device client dengan menggunakan mac default. Cara ini sedikit merepotkan karena cara ini di konfigurasi dari sisi client. Jadi kita harus merubah satu persatu device client dengan menggunakan mac default.

2. Penggunakan script auto remove.
Cara ini sudah kami gunakan sendiri dan kami rasa lebih efektif dari pada cara pertama diatas. Kita tinggal membuat script  on login dan on logout di masing user profile dan otomatis script tersebut akan jalan ketika ada user jalan dan otomatis akan meremove mac tersebut jika dalam waktu tertentu user tersebut tidak bisa di ping ( dipanggil ). 

Yang pertama kita lakukan adalah login dalam mikrotik , masuk  IP  > Hotspot > User Profil
dan pastekan script berikut di semua User Profile:



On Login :

:local m $"mac-addres";
:local a $user;
/system scheduler add interval=00:01:00 name="$a" on-event=":if ([ping $addres count=120]=0) do={
/ip hotspot host remove [find mac-addres=$m];
/ip hotspot active remove [find name=$a];
/ip dhcp lease remove [find mac-addres=$m];
/system scheduler remove [find name=$a];}" start-time=$timedate comment="$datetime $timedate"
/ip hotspot user set mac-addres="00:00:00:00:00:00" [find name=$a];


On Logout :

/system scheduler remove [find name=$a];






Close Menu